Budaya, Maritim, dan Pariwisata

Budaya adalah hal selalu kita banggakan dalam negeri ini. Budaya adalah tradisi yang terus kita lestarikan. Budaya merupakan nilai yang tidak bisa ditukar. Indonesia haruslah bangga, dengan negara Bhineka Tunggal Ikanya ternyata kita memiliki banyak budaya yang menarik. Budaya berupa kesenian : Tarian, Kegiatan, permainan tradisional dll banyak dijumpai di Indonesia. Budaya Indonesia adalah pakaian Indonesia, pakaian yang selalu menjadi jati diri kita masyarakat Indonesia. Budaya Indonesia bagian timur dengan budaya Indonesia bagian barat pasti berbeda. Hal ini membuat kita negara Indonesia yang saling menghargai satu sama lain. Hal ini yang membuat kita selalu tersenyum bercerita tentang budaya kita kepada semua orang. Berapa budaya yang dimiliki Indonesia ? pernahkah terfikirkan? tentu kita tidak bisa menghitungnya. Karena begitu besar Indonesia dan budaya kita sangat melimpah ruah, sangat banyak.

Peran pemuda dalam melestarikan budaya Indonesia bisa dimulai dari hal yang sederhana: dengan mencintai karya-karya Indonesia,  dengan mendukung penuh kesenian daerah, dengan ikut melestarikan budaya Indonesia, dll. Pemuda sudah saatnya terlibat dalam kegiatan-kegiatan kesenian masyarakat. Pemuda sudah saatnya berperan menginisiasi dan mengembangkan budaya Indonesia melalui perannya masing-masing, melalui disiplin ilmunya masing-masing.

Budaya saya yakin tidak akan hancur termakan zaman jika pemudanya siap, siap untuk mempertahankan, melaksanakan, dan mengembangkan, walaupun teknologi sudah merajalela. Tapi Optimisme pemuda selalu kita gerakkan untuk kepentingan negara ini dengan ekspresif berbasis budaya. Pemuda-pemuda dari sabang sampai merauke pasti siap menjaga habis-habisan budaya Indonesia, saya yakin seperti itu karena budaya adalah warisan nenek moyang kita yang selalu kita hargai dan hormati.

Saya pernah mengikuti kegiatan yang melibatkan mahasiswa di seluruh Indonesia, saya merasa hebat dengan adanya kehadiran mereka. Mahasiswa Indonesia itu peduli dengan budayanya, Indonesia sangat indah dengan budayanya sendiri : dengan tariannya, bahasanya, dengan sikapnya, orangnya, itu semua luar biasa. Mahasiswa Indonesia memiliki banyak cara untuk mengembangkan budaya ini, melalui ide mereka yang kreatif dan bermanfaat.

Sedangkan kalau kita berbicara kemaritiman Indonesia, Indonesia adalah negara maritim, yang terdiri dari banyak pulau. Adalah potensi luar biasa yang patut kita semua syukuri bukan. Pulau-pulau Indonesia ini unik-unik, apalagi lautnya yang besar. Pasti menyimpan banyak sumber daya yang bisa kita olah bersama. Salah satunya adalah keberlanjutan Wisata laut Indonesia. Di Indonesia, wisata kita sangat menarik dan masih alami. Pariwisata Indonesia selalu menjadi investasi negara yang akan menjadi ujung tombak Indonesia. Maritim selalu kita jaga karena dari sini juga kita hidup, bisa menikmati ikan, makanan-makanan laut yang mungkin tidak ditemui di negara lain.
Peran pemuda dalam dunia maritim sangat beragam : mulai dari membangun, membuat industri kapal, inovasi wisata bahari, inovasi produk lokal, pengembangan energi alternatif dari sumber daya laut dan masih banyak lagi. Peran pemuda Indonesia dimulai dari hal yang sederhana, yang mampu menggerakkan masyarakat umum, khususnya daerah terpencil
Peran pemuda Indonesia dalam budaya dan keberlangsungan pariwisata laut Indonesia dimulai dari disiplin ilmu kita masing-masing. Contohnya adalah saya misal : saya adalah mahasiswa jurusan Teknik Sipil, maka saya membuat infratruktur yang lebih baik, membuat alat penyaring air untuk memnuhi air bersih di masyarakat, atau bisa juga saya membuat perpustakaan untuk melestarikan budaya melalui ruang baca budaya, dll. Di dunia maritim saya membuat kritik saran mengenai transportasi laut, mengenai wisatanya, mengenai pelabuhannya, dll.

Semangat pemuda Indonesia, kita bisa kok!
yang penting semangat dan terus belajar :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s