GETAS, Ajak Siswa Taat Lalu Lintas

Surabaya sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia memiliki angka kecelakaan yang tinggi dibanding daerah lain. Kecelakaan lalu lintas di daerah ini menempati urutan pertama dengan tingkat kejadian kecelakaan lalu lintas tertinggi di Jawa Timur tahun 2013.

Belum adanya partisipasi aktif dari siswa SMP dalam mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga diperlukan pendekatan partisipatif untuk mendorong siswa SMP ikut berperan aktif menyuarakan kepedulian terhadap ketertiban lalu lintas baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Upaya tersebut salah satunya adalah dengan pembentukan Komunitas GETAS, komunitas gerakan tertib lalu lintas pada siswa SMP Yapita Surabaya sebagai suatu gerakan yang menyerukan kepedulian akan pentingnya ketertiban lalu lintas

Metode yang digunakan adalah melalui penyampaian yang inovatif dan menarik yang sesuai dengan usia anak SMP. Metode yang inovatif dimana media maupun sarana-sarana pembelajaran yang kita miliki belum pernah disampaikan sebelumnya. Metode yang menarik dimana kita mengupayakan penyampaian-penyampaian materi yang mudah dimengerti sesuai dengan usia anak SMP, agar materi yang kita sampaikan dapat terserap dengan baik. Beberapa program yang dihasilkan adalah pemainan Game Android Getas, Buku Tertib Lalu Lintas, Komunitas GETAS dan GETAS Smart Safety Award.

Dengan terwujudnya komunitas Gerakan Tertib Lalu Lintas (GETAS) yang merupakan wadah sharing, networking dan kampanye bagi siswa SMP Kota Surabaya dalam mematuhi peraturan lalu lintas serta dapat menularkan secara langsung ilmunya kepada masyarakat mengenai pentingnya budaya tertib lalu lintas secara berkelanjutan.

Ketercapain pelaksanaan diidentifikasikan melalui penilaian ‘paham’ dan ‘peduli’. Penilaian ‘paham’ dilakukan melalui pre test dan post test. Berdasarkan hasil tes terjadi peningkatan pengetahuan dari 67,2 % menjadi 90,6 %. Sedangkan penilaian peduli dapat dilihat dari antusiasme siswa SMP dalam mengikuti Komunitas GETAS, hal ini menunjukkan keberhasilan capaian luaran program ini dan diharapkan program GETAS ini akan terus berkembang demi kebermanfaatan.Selanjutnya kita akan selalu memonitoring perkembangan Komunitas GETAS ini.

Facebook Getas

Kegiatan ini merupakan salah satu Program PKM-Pengabdian Masyarakat di ajang PIMNAS 27 Semarang yang akan diselenggarakan pada tanggal 26-29 Agustus 2014. Menurut kami PIMNAS 27 Semarang merupakan ajang silaturahmi dan juga merupakan ajang kompetisi mahasiswa paling bergengsi ditingkat nasional, semoga semuanya memberikan manfaat.

Achsanul Fahruddin I

Published by

Achsanul F Irvan

My Name Achsan from Civil Engineering Department ITS Surabaya Welcome, Enjoyed :) Achsan_irvan@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s