Sekilas Tentang Kota Surabaya, Kota Metropolitan Kedua di Indonesia, Juga Salah SATU Kota Pendidikan Sarjana Saya

Kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta adalah kota Surabaya.

800px-Tugu_Pahlawan_Surabaya

(Tugu Pahlawan, Kota Surabaya)

                  Surabaya merupakan pusat ekonomi, bisnis dan perdagangan terbesar di Jawa Timur ditunjang dengan fasilitas pendukung seperti Bandara Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak. Kata Surabaya sendiri berasal dari cerita mitos pertempuran antara Sura (Ikan Hiu) dan Baya (buaya). Kota Surabaya terletak 789 km sebelah timur Jakarta, atau 426 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Surabaya terletak di tepi pantai utara pulau Jawa dan berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa. Surabaya memiliki luas sekitar 333,063 km² dengan penduduknya berjumlah 2.813.847 jiwa (Data 2014).

Surabaya dulunya adalah gerbang dari kerajaan Majapahit. Hari jadi Kota Surabaya ditetapkan pada tanggal 31 Mei 1293. Surabaya terkenal dengan julukannya kota Pahlawan, kota yang berperan besar dalam Kemerdekaan Indonesia. Perjuangan yang selalu kita ingat salah satunya adalah perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada tanggal 10 November 1945. Oleh karena itu setiap tanggal 10 November, kita memperingatinya sebagai hari Pahlawan.

Semangat perjuangan tokoh-tokoh kota Pahlawan ini sudah terkenal dimana-mana diantaranya Sutomo (Bung Tomo), Gubernur Suryo, Ruslan Abdul Ghani dan tokoh-tokoh lainnya yang dibesarkan di Surabaya seperti HOS Cokroaminoto, Soekarno, dll. Jika di jaman sekarang ini tokoh-tokoh Surabaya yang cukup terkenal adalah Dahlan Iskan, Hary Tanoe, dan masih banyak lagi.

index(Salah satu tokoh Surabaya : Bung Tomo)

Surabaya juga dikenal memiliki kesenian yang khas yaitu Ludruk. Ludruk adalah seni pertunjukan drama yang menceritakan kehidupan rakyat sehari-hari. Ada juga Tari Remo yaitu tarian selamat datang yang umumnya dipersembahkan untuk tamu istimewa. Kidungan yaiutu seni pantun yang dilagukan, dan mengandung unsur humor705_Jawa_Timur_-_Pertunjukan_Laudruk_IE

(Kesenian Ludruk khas Surabaya)

Budaya khas panggilan arek (sebutan khas Surabaya) diterjemahkan sebagai Cak untuk laki-laki dan Ning untuk wanita. Sebagai upaya untuk melestarikan budaya, setiap satu tahun sekali diadakan pemilihan Cak & Ning Surabaya. Cak & Ning Surabaya dan para finalis terpilih merupakan duta wisata dan ikon generasi muda kota Surabaya.

286864_503401403021281_88450065_o

(Cak Ning Surabaya, 2014)

Setiap setahun sekali diadakan Festival Cak Durasim (FCD), yakni sebuah festival seni untuk melestarikan budaya Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya. Festival Cak Durasim ini biasanya diadakan di Gedung Cak Durasim, Surabaya. Selain itu ada juga Festival Seni Surabaya (FSS) yang mengangkat segala macam bentuk kesenian misalnya teater, tari, musik, seminar sastra, pameran lukisan. Pengisi acara biasanya selain dari kelompok seni di Surabaya juga berasal dari luar Surabaya. Diramaikan pula pemutaran film layar tancap, pameran kaos oblong dan lain sebagainya. diadakan setiap satu tahun sekali di bulan Juni bertempat di Balai Pemuda

Surabaya juga merupakan kota terbersih di Dunia. Salah satu taman di Surabaya pada tahun 2013, mendapatkan penghargaan Dunia The Asian Townscape Award 2013 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai taman terbaik di Asia karena fasilitasnya yang sangat lengkap dan terpadu yaitu mulai kawasan ekonomi (sentra PKL), kawasan terbuka hijau, taman, kawasan disabilitas, internet (Wi-Fi) gratis, serta penataan taman yang baik dan tanaman-tanamannya yang indah.

taman-bungkul-jadi-sumber-rejeki-dan-ajang-kumpul-warga-surabaya-001-hendro-dwijo-laksono

(taman Bungkul Surabaya)

       Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Surabaya antara lain :

1. Universitas Airlangga (UNAIR), perguruan tinggi yang paling tua, unggul di bidang kesehatan. Terletak di pusat kota

kantor
2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), salah satu perguruan tinggi teknik terkemuka di Indonesia

cropped-itnet
3. Universitas Negeri Surabaya (UNESA), perguruan tinggi keguruan atau pendidikan yang dahulu dikenal sebagai IKIP Surabaya

unesa lidah
4. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) merupakan perguruan tinggi Islam negeri yang sebelumnya bernama IAIN Sunan Ampel

gedung UINSA
5. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik yang unggul dalam bidang robotika dan merupakan salah satu politeknik terbaik di Indonesia, dulu merupakan bagian dari ITS.

Pens Campus
6. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Politeknik yang unggul dalam bidang perkapalan dan manufaktur, dulu juga merupakan bagian dari ITS.

politeknik-perkapalan-surabaya
7. Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya merupakan politeknik kesehatan di bawah Kementerian Kesehatan.

img_4861
8. Politeknik Pelayaran Surabaya merupakan Sekolah Kedinasan Negeri dibawah Kementerian Perhubungan.

10178993_10153038249919298_225761557_ooo-3YXxYW
9. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya, merupakan Sekolah Kedinasan dibawah Kementerian Perhubungan.

2978037_20130121124751
10. Akademi Angkatan Laut

dms661_pict1

Daftar Pustaka :

Wikipedia Indonesia. 2014. http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Surabaya

Published by

Achsanul F Irvan

My Name Achsan from Civil Engineering Department ITS Surabaya Welcome, Enjoyed :) Achsan_irvan@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s